Dakwah Kaum Muda, Para Dai Harus Tahu Kebutuhan dan Dunia Anak Muda

JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) KH Ahmad Satori Ismail menyatakan, kaum muda sangat memerlukan siraman rohani. Sebab, tantangan pemuda saat ini sangat banyak. 
 
''Kawula muda perlu dilindungi dari berbagai 'serangan' yang ada dengan memberikan dakwah yang tepat dan baik dari para dai,'' katanya, Senin (16/2). 
 
Menurut dia, banyak hal yang perlu disampaikan para dai kepada para pemuda, di antaranya masalah akidah, ibadah, akhlak, muamalah, dan pembentengan diri dari segala godaan yang muncul di sekitar kehidupan remaja.  
 
Agar pesan dakwah yang disampaikan bisa diterima dengan baik, lanjut Ahmad Satori, para dai harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan dunia anak muda. Cara atau media berdakwah juga harus dikuasai para dai. Media taklim hendaknya dihindari sebab hal ini akan membuat pemuda merasa jenuh.
 
Boleh jadi, berdakwah kepada para pemuda bukan hal yang mudah. Namun, menurut Satori, para dai tidak boleh menyerah. ''Sebab, kalau mereka hancur, maka masa depan bangsa juga akan hancur.'' 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENUNGAN TAHUN BARU HIJRIYAH

JIHAD dan PENGORBANAN